Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff Pada Suatu Institusi Pendidikan

Organisasi Garis atau Staffyaitu suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan kekuasaa langsung secara vertical dan sepenuhnya dari pimpinan ke bawahannya dan manajer ditempatkan dalam satu atau lebih penjabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasehat.
Contohnya dalam institusi pendidikan, banyak sekali lembaga pendidikan yang mengunakan struktur organisasi lini dan staff sebagai struktur organisasi mereka.
Kebaikan dan Keburukan Organisasi Lini dan Staff adalah
A. Kebaikan struktur organisasi lini dan staff:
1. Adanya pembagian tugas yang jelas.
2. Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas.
3. Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin.
4. Staff dilaksanakan sesuai dengan prinsip “orang yang tepat diposisi yang tepat “.
5. Bentuk organisasi ini fleksibel untuk diterapkan.

B. Keburukan struktur organisasi lini dan staff:
1. Tugas Pokok orang-orang sering dinomor duakan.
2. Proses decision making berliku-liku.
4. Persaingan tidak sehat antara pejabat satu dengan pejabat yang lain
5. Pemimpin biasa yang cenderung otoriter, karena organisasi dipandang milik sendiri.
6. Tidak mendengarkan aspirasi anggota yang lain.
7. Mau menang sendiri.
8. Hanya mementingkan kepentingan kelompok saja

Keburukan Struktur Organisasi Fungsional pada Institusi Pendidikan

Sebelum kita menjelaskan keburukan Struktur Organisasi Fungsional pada Institusi Pendidikan,kita terlebih dahulu mengetahui pengertian organisasi,organisasi fungsional dan intitusi pendidikan.
Organisasi adalah Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Sedangkan Organisasi Fungsional yaitu organisasi yang menekankan suatu fungsi. Setiap atasan adalah suatu individu yang kompeten pada bidangnya dan memegang tanggung jawab dalam sebuah organisasi. Struktur Organisasi Fungsional memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus yang sesuai kemampuan.
Institusi pendidikan adalah suatu institusi yang sangat penting di negeri ini, Karena pendidikan berfungsi untuk menghasilkan penerus bangsa yang berpendidikan guna memajukan bangsa . Pendidikan juga telah berkembang dari teori dengan paradigma konservativisme sampai pada teori berparadigma ekstrem seperti liberalisme, liberasionisme sampai anarkisme. Institusi-institusi pendidikan itu sendiri memiliki sebuah organisasi dan menggunakan struktur organisasi yang pastinya sudah dirapatkan terlebih dulu dalam diri Institusi tersebut. Terdapat Institusi pendidikan yang menggunakan Struktur Organisasi Fungsional sebagai struktur institusi pendidikannya.
Suatu organisasi pasti memiliki kekurangan atau keburukan di dalamnya,baik beruupa fungsional maupun staff. Keburukan dari organisasi bentuk fungsional adalah:
1) Insiatif perseorangan sering tertekan karena sudah dibatasi pada satu fungsi. Dan jabatan
2) Sulit mengadakan pertukaran tugas, karena terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang saja.
3) Koordinasi yang sifatnya menyeluruh sulit diadakan karena orang-orang yang bergerak dalam satu bidang mementingkan fungsinya saja.
Contohnya dalam bidang pendidikan kita dapat melihat adanya bag.kesiswaan, bag.ekstrakulikuler, bag.koperasi, bag.UKS, bag.keuangan, dll.

Penolakkan perubahan dan Tipe lingkungan yang mengalami perubahan

Penolakkan terhadap perubahan :
1. Kepentingan pribadi yang picik.
2. Salah pengertian.
3. Norma kelompok.
4. Keseimbangan kekuatan.
5. Berbagai perbedaan atau penilaian.

Tipe – tipe lingkungan yang mengalami perubahan :
1. Lingkungan Stabil.
Lingkungan yang sedikit atau tanpa perubahan tidak diperkirakan atau secara tiba – tiba (secara lambat).
2. Lingkungan Berubah.
Yaitu lingkungan dimana inovasi memungkinkan perubahan terjadi dalam setiap atau seluruh bidang (secara lambat).
3. Lingkungan Bergejolak.
Yaitu lingkungan dimana sering terjadi perubahan dalam setiap atau seluruh bidang secara drastic.

Penanganan penolakan terhadap perubahan:

Penanganan penolakan terhadap perubahan:
1. Pendidikan dan Komunikasi.
Biasa digunakan bila ada kekurangan informasi atau ketidakpastian informasi dan analisis.
2. Partisipasi dan Keterlibatan.
Biasa digunakan bila pengambilan inisiatif tidak mempunyai semua informasiyang dibutuhkan umtuk merancang perubahan dan oranglain mempunyai kekuasaan untuk menolak.
3. Kemudahan dan Dukungan.
Biasa dilakukan bila orang – orang pendakkan karna masalah – masalh adaptasi atau penyesuaian.
4. Negosiasi dan Persetujuan.
Biasa digunakan bila banyak dari orang atau kelompok dengan kekuatan cukup besar untuk menolak akan kalah dalm suatu perubahan.
5. Manipulasi dan Bekerjasama.
Biasa digunakan bila taktik – taktik lain dirasa kurang bekerja maksimal dan di sisi lain biaya atau cost yang dikeluarkan besar .
6. Paksaan eksplisit dan implisit.
Biasa digunakan bila kecepatan adalah hal yang paling penting dan para pengusul mempunyai kekuasaan yang besar.

tujuan dan pandangan perubahan

Tujuan perubahan :
1. Untuk menangani secara efektif tantangan – tantangan yang timbul akibat meningkatnya persingan inovasi teknologi . Pembaruan peraturan pemerintah dan berbagai tekanan social.
2. Untuk melakukan modifikasi – modifikasi berbagai pola keperilakuan individu atau kelompok dalam suatu organisasi.

Pandangan – Pandangan Perubahan:
1. Pandangan Birokrasi.
Tokoh penganut pandangan ini adalah Max Webber,pandangan ini menyatakan pada hakekatnya sasaran dan target perubahan adalah birokrasi yang dipandang sebagai alat administrasi dan instrument kekuasaan.
2. Demokrasi dan Liberalisme.
Pelopor pandangan ini adalah Warrant G.Bennis.Pandangani ini menyatakan hendaknya suatu perubahan melalui demokrasi dan liberalisasi. Menurutnya ada kekuatan yang memaksa organisasi memodifikasi struktur atau pun iklim agar dapat mengatasi fakta dalam dunia modern.
3. Perubahan yang direncanakan.
Salah satu pelopornya adalah Daniel Kast dan Rasenzweig. Pandangan ini beranggapan bahwa organisasi secara umum dan manajemen secara khusus dapat mengenali perbedaan antara situasi yang ada dengan situasi yang diharapkan ,oleh sebab itu perbaikan organisasi dapat dilakukan dan diukur dimensi yang dipakai adalah efektifitas ,efisiensi serta kepuasan anggota.
4. Nilai Humanisme Industri.
Pelopornya antara lain Abraham Maslow, James S.Mouten, Chris Argyns, M.C.Gregor, Rensis Likert, Robert R.Blake. Pandangan ini merupakan kelanjutan dari Pandangan Perubahan yang direncanakan,dimana pada hakikatnya diakui adanya nilai – nilai Manusia.

Selasa, 29 Desember 2009

Lirik "Velvet Revolver - The Last Fight"

Time Feels Like I've Been Back In Jail
Like When I Was Doing Time In The Can
Spend All Night On A Bended Knee
Just To Beg For Something To Believe
Left Home With A Pack Of Clothes Without A Family Tree

Chorus:
This Fight Could Be The Last Fight
No Giving And No Winning
One Time Could Be The All The Time
Should We Decide To End The Misery

Time Heals All Of The Burned Out Bridges
Filled With Nothing More Than Misery
With The Mask Of The Unbattled Son
Trying To Beg For Something To Believe
Left Home With A Pack Of Clothes Without A Family Tree

Chorus

Break The Chains Of Featherweights And Giants
With The Stain Forever Lasting Liars
They're Afraid When We Spit Out The Fire
And Start Living

Chorus 3x

Lirik "Velvet Revolver - Let It Roll"

She's The One With Lips Like Candy, Candy
Like A Dog Well I'm A Coming Running
She Got Eyes That Burn Right Through Me, Through Me
She Told Me Her Name Calls Herself Candy, Candy

Can't Burn Her Out Of My Head
Drink Her Off Of My Mind
Let It Roll
Let It Roll

She Got A Head That Makes You Think More Of Her
She Got Hairs That Makes You Want More Of It
Lipstick Smile That Tastes Of Cherry Brandy
She's More Than Quite Insane That Makes You Want Her Badly

Can't Burn Her Out Of My Head
Drink Her Off Of My Mind
Can't Burn Her Out Of My Head
Drink Her Off Of My Mind
Let It Roll
Candy-o
Candy, Candy, Candy, Candy, Candy-o

Can't Burn Her Out Of My Head
Drink Her Off Of My Mind
Candy, Candy, Candy, Candy, Candy-o
Let It Roll
Candy-o
Let It Roll
Candy-o
Let It Roll
Candy-o

You Are Loved (Don't Give Uo)

Don't give up
It's just the weight of the world
When your heart's heavy I
I will lift it for you

Don't give up
Because you want to be heard
If silence keeps you I
I will break it for you

Everybody wants to be understood
Well I can hear you

Everybody wants to be loved
Don't give up

Because you are loved

Don't give up
It's just the hurt that you hide
When you're lost inside I
I'll be there to find you

Don't give up
Because you want to burn bright
If darkness blinds you I
I will shine to guide you

Everybody wants to be understood
Well I can hear you

Everybody needs to be loved
Don't give up

Because...you are loved

Don't give up
It's just the weight of the world

Don't give up
Everyone needs to be loved

You are loved

Perkembangan Musik di Tanah Air

Akhir-akhir ini banyak band dalam negri yang bermunculan,tetapi banyak juga yang redup akibat hanya tenar singgle nya saja,.akhirnya band itu hanya terkenal sementara….
Tapi di samping itu pemusik juga kadang di buat gerah dengan kegiatan plagiat,separti yang dilakukan musisi malaysia yang menjiplak lagu dri saykoji,walaupun pada akhirnya ada berita jika band kita separti d’massiv menjiplak musisi/band luar negri…
Menjiplak memang tidak sepenuhnya salah,mengapa tidak karena ada kemungkinan sebuah pencipta lagu yang terinspirasi oleh lagu dari penyanyi atau band lain sehingga ada beberapa bagian yang mungikin mirip atau sama dengan karya orang lain.
Music Indonesia kini tengah menggandrungi genre melayu yang di pelopori band seperti ST12,WALI atau band lain.

Perkembangan Musik di Tanah Air

Akhir-akhir ini banyak band dalam negri yang bermunculan,tetapi banyak juga yang redup akibat hanya tenar singgle nya saja,.akhirnya band itu hanya terkenal sementara….
Tapi di samping itu pemusik juga kadang di buat gerah dengan kegiatan plagiat,separti yang dilakukan musisi malaysia yang menjiplak lagu dri saykoji,walaupun pada akhirnya ada berita jika band kita separti d’massiv menjiplak musisi/band luar negri…
Menjiplak memang tidak sepenuhnya salah,mengapa tidak karena ada kemungkinan sebuah pencipta lagu yang terinspirasi oleh lagu dari penyanyi atau band lain sehingga ada beberapa bagian yang mungikin mirip atau sama dengan karya orang lain.
Music Indonesia kini tengah menggandrungi genre melayu yang di pelopori band seperti ST12,WALI atau band lain.

Genre Dalam Musik

Dalam sebuah music atau lagu pasti memiliki sebuah genre atau aliran yang di usung penyanyi atau sebuah band. Genre tersebut seperti Rock , Pop ,Blues Rap dan Jazz. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.

Dalam beberapa dasawarsa terakhir, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou, Sneaker Pimps dan Lamb. Ada juga hip-hop rock yang diusung oleh Linkin Park. Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in. banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini, antara lain Franz Ferdinand, Bloc Party, The Killers, The Bravery dan masih banyak lagi.

Bahkan sekarang banyak pula grup musik yang mengusung lagu berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Grup musik yang membawa aliran baru ini di Indonesia sudah cukup banyak salah satunya adalah Soneta yang mengusung lagu berbahasa Jawa dalam musik melayu.

Selasa, 22 Desember 2009

MEMBUAT MAIL MERGE

Untuk membuat mail merge langkah pertama pilih menu mailings  Start Mail Merge  Step by Step Mail Merge.
Kemudian akan nampak halaman document seperti di bawah, pilih type document yg akan digunakan, setelah memilih klik link next :starting document yg berada di pojok kanan.
Karena sebelumnya document sudah terbuka maka pilihlah use the current document
klik Next untuk langkah ketiga yaitu memilih penerima surat.
Untuk memilih penerima surat Word menyediakan 3 pilihan jika sudah memiliki list penerima surat maka pilihlah Use an existing list atau jika list penerima terletak di outlook contacts maka pilihlah Select from outlook contacts, namun karena disini kita belum ada list penerima sebelumnya maka pilihlah Type a new list dan klik Create.
Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Kemudian sesuaikan field yang akan digunakan dengan menekan tombol Customize Columns
Hapus semua field-field yang berada di menu field names kecuali field Title karena nanti kita akan gunakan field tersebut.
Tambahkan field Nama, Perusahaan, Alamat dan Kota dengan menekan tombol add kemudian ketik nama field lalu tekan tombol OK.
Masukkan data sesuai dengan field yang tersedia. Kemudian klik tombol Ok untuk menyimpan Address List ini kedalam format Microsoft office Addres List dan beri nama yang sesuai lalu klik tombol Save.
Pada kotak dialog mail merge recipients akan muncul list penerima undangan yg dibuat, klik tombol OK.
Klik next, untuk langkah selanjutnya yaitu menulis surat dengan menambahkan field yang dibuat sebelumnya.
Pada langkah ini sebelumnya tempatkan cursor dibawah kalimat Kepada Yth, kemudian klik menu more items, maka akan muncul kotak dialog Insert Merge Field lalu insert kan Tiap-tiap field tersebut ke dalam dokumen dengan menekan tombol insert.
Langkah ke empat kemudian klik next, untuk melihat semua surat yang telah tersusun dengan field data
Silahkan cek surat undangan kita di menu following, setelah selesai klik next untuk melanjutkan langkah selanjutnya
Pada langkah terakhir kita dapat mencetak atau mengedit surat undangan sesuai yg kita inginkan.

SISTEM INFORMASI PEMASARAN

Sistem Informasi Pemasaran
Jika didefinisikan, sistem informasi pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:
1. Produk
2. Tempat
3. Promosi
4. Harga produk
Strategi pemasaran
Strategi pemasaran terdiri dari campuran unsur-unsur yang dinamakan bauran pemasaran semua itu dikenal dengan 4P yaitu:
Produk : apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya
Promosi : berhubungan dengan semua cara yang mendorong penjualan
Place : berhubungan dengan cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan
melalui slauran distribusi
Price : terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan
Komponen Sistem Informasi pemasaran
Sistem informasi pemasaran mempunyai komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum, yaitu komponen-komponen input, model, output, basis data, teknologi dan kontrol. Perbedaan komponen-komponen ini antar sistem-sistem informasi lainnya adalah konteks letak dari sistem informasinya. Misalnya untuk Sistem informasi pemasaran ini, maka komponen inputnya adalah input tentang data pemasaran dan outputnya adalah laporan-laporan berisi informasi pemasaran.

Komponen Input Pemasaran
Sistem informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan. Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Subsistem peneliti pemasaran menlakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran.
Komponen Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit.
Komponen Basis Data Pemasaran
Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base. Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.
Komponen Output Pemasaran
Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu sebagai bagian dari bauran
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung. Subsistem harga membantu manajer untuk membuat keputusan harga.
Subsistem Sistem Informasi Pemasaran
Subsistem Penelitian Pemasaran (Riset Pemasaran)
Subsistem penelitian pemasaran merupakan sistem yang berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan. Manajer pemasaran dapat mengunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan segala jenis informasi tetapi sebagian besar kegiatan ditujukan pada pelanggan dan calon pelanggan :
Data primer dan sekunder
Data primer adalah data yang dikumpulkan perusahaan. Sedangkan data sekunder adalah data yang dikumpulkan oleh orang lain. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah wawancara mendalam, pengamatan dan pengujian terkendali. Beberapa data skunder harus dibeli dan sering tersedia dalam bentuk pita magnetik atau disket untuk memudahkan pemasukan kedalam CBIS data sekunder yang lain seperti tersedia diperpustakan.
Subsistem Intelijen Pemasaran Tiap area fungsional bertanggung jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan elemen-elemen tertentu dilingkungan pemsaran yang memliki tanggung jawab utama pada pelanggan dan pesaing. Seperti area fungsional lainnya, pemasran juga memiliki tanggung jawab pada pemerintah dan komunitas global.
Subsistem Produk
Subsistem produk berguna untuk membuat rencana produk baru.
a. Siklus hidup produk
Tugas manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur dalam bauran pemasaraan dan kemudian mengintegrasikan menjadi suatu rencana pemasaran yang menyeluruh. Suatu kerangka kerja yang disebut siklus hidup produk mengarahkan manajer dalam membuat keputusan-keputusan ini seperti arti namanya siklus hidup produk.

b. Model evaluasi produk baru
Keputusan untuk mengembangkan produk baru harus dipertimbangkan secara matang dan dengan dasar keuangan yang baik dan dibuat oleh eksekutif. Perusahaan yang memperkenalkan banyak produk baru mengembangkan suatu prosedur formal yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensi tingkat keuntungan dan efisiensi penggunaan sumber daya.
Subsistem Tempat
pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yang sesuai dengan pelemparan produk yg dihasilkan sangat menentukan tingkat penjualan produk. Untuk itu, posisi subsistem ini sangat vital dalam keberadaanya.
Subsistem Promosi
Subsistem promosi berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
Subsistem Harga
Subsistem harga berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
a. Penetuan harga berdasarkan biaya
Beberapa poerusahaan menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya dengan menentukan biaya-biaya mereka dan menambahkan markup yang diinginkan. Jika perusahaan memilki SIA yang baik, tersedia data biaya yang akurat mambuat tugas Subsistem harga menjadi mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.
b. Penentuan harga berdasarkan permintaan
Kebijakan harga yang kurang berhati-hati adalah penentuan harga berdasrakan permintaan yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen terhadap produk.
Evolusi Konsep Sistem Informasi Pemasaran
Pada tahun 1966 profesor Philip kotler dari Northwestern university menggunakan istilah pusat syaraf
pemasaran (marketing nerve center). Ia mengidentifikasikan tiga jenis informasi pemasaran :
Intelijen pemasaran (marketing intelligence) informasi yang mengalir keperusahaan dari lingkungan.
Informasi pemasaran intern (internal marketing information) informasi yang dikumpulkan dalam peruasahaan.
Komunikasi pemasaran (marketing Communication) informasi yang mengalir keluar kelingkungan.