Minggu, 29 Mei 2011

Android di Indonesia Bisa Ungguli Iphone

Perang ponsel cerdas berbasis Android dan iPhone masih sengit, di Amerika Serikat (AS) tempat asal Apple, populasi Android sudah mengalahkan iPhone. Hal ini bisa saja terjadi di Indonesia dalam waktu dekat.

VP Channel Mangament Telkomsel Gideon Edion Purnomo memperkirakan tren itu juga akan terjadi di Indonesia. Menurutnya indikasi yang bisa dilihat adalah pertumbuhan pengunaan Android yang sangat cepat di jaringan telkomsel.

Gideon menyebutkan total pengguna Android di jaringan Telkomsel mencapai sekira 70 ribu sampai 80 ribu, masih kalah dari populasi pengguna iPhone yang mencapai 150 ribu. Namun untuk kecepatan perkembangan di Indonesia, Android terbilang lebih cepat.

"Saat ini pengguna iPhone Telkomsel memang lebih besar dari Android, tapi untuk mencapai angka 70 sampai 80 ribu Android hanya membutuhkan 2 tahun. Ini sesuatu yang luar biasa," kata Gideon, disela-sela acara peluncuran iPhone 4 White, di Plaza Senayan, Jumat (13/5/2011).

Penyebab perkembangan Android di Indonesia, menurut Gideon adalah kegemaran masyarakat mencoba hal-hal baru.

"Perkembangan OS Android berjalan cepat, mulai dari versi 1.6 sampai 2.4. Ini cocok dengan prilaku masayarakat Indonesia yang sangat senang mengeksplorasi hal-hal baru," katanya.

Selain itu, Gideon juga merujuk pada kelebihan fungsi push email Android yang dinilai sangat memuasakan. Begitu juga Android Market, yang memungkinkan pengguna mengunduh berbagai aplikasi secara gratis.

Melihat tren yang terjadi saat ini, Gideon pun optimis tahun ini populasi pengguna Android di Indonesia akan melampau pengguna iPhone. "Ini sangat mungkin terjadi tahun ini," sebutnya.

Namun demikian, segmentasi pengguna Apple dengan Android berbeda. Sebab menurutnya, pengguna Android tidak fokus satu merek, sedangkan pengguna iPhone biasanya orang-orang yang sangat fanatik produk Apple.
(tyo)
keterangan: terdapat kalimat penalaran hipotesa dan teori. Hipotesa dalam artikel ini adalah android dapat bersaing iphone. Sedangkan teori yang dipakai sehingga tercapai hipotesa tersebut adalah android dan perilaku masyarakat Indonesia yang sangat senang mengeksplorasi hal-hal baru.

sumber: http://techno.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar