Minggu, 25 Oktober 2009

ATURAN SEBAGAI FAKTOR PENTING ORGANISASI

Organisasi berorientasi hasil.sebelum kita membahas tentang organisasi yang berorientasi hasil,kita terlebih dahulu mengetahui definisi organisasi.Organisasi menurut STONER adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.Sedangkan organisasi menurut JAMES D. MOONEY adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.Jadi dari dua definisi organisasi dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah wadah sekelompok orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Suatu organisasi membutuhkan faktor-faktor penunjang untuk mencapai tujuan dan kemajuan. Faktor-faktor tersebut adalah Nilai & Visi,Misi,Aturan, Profesionalisme,Insentif,Sumber daya dan Rencana kerja. Sebuah organisasi jika tidak memiliki salah satu factor tersebut akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda.Organisasi yang tidak memiliki factor Insentif akan mendapatkan hasil yang berbeda dengan organisasi yang tidak memiliki factor Aturan.
Sebagai contoh jika sebuah organisasi tidak memiliki Aturan.Organisasi yang tidak memiliki Aturan tidak akan bisa mengalami kemajuan apalagi mencapai tujuan.Sebuah organisasi sangat membutuhkan Aturan yang jelas sebagai Tata Tertib dalam organisasi tersebut.Layaknya Undang Undang dalam Negara kita,Aturan tersebut bersifat memaksa bagi setiap anggota dalam organisasi tersebut. Aturan sangat dibutuhkan untuk menghindari adanya konflik kepentingan antar anggota organisasi.Konflik dalam organisasi bisa berupa konflik antar individu,konflik antar kelompok dalam organisasi,dan konflik antar individu dengan organisasi.Konflik dalam organisasi biasanya bersifat konflik kepentingan.
Jadi dalam sebuah organisasi faktor adanya Aturan yang jelas sangat penting untuk mengatur setiap anggotanya untuk menghindari adanya konflik kepentingan yang terselubung dalam sebuah organisasi, dan jika sebuah organisasi telah memiliki Aturan yang jelas maka jalan mencapai tujuan akan semakin mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar