Minggu, 25 Oktober 2009

7 FAKTOR PENTING DALAM ORGANISASI

Organisasi adalah wadah sekelompok orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.Jadi organisasi didirikan untuk mencapai tujuan bersama,dan dalam menjalankan sebuah organisasi dibutuhkan factor-faktor agar tujuan dapat tercapai.Faktor-faktor tersebut adalah
1. Nilai & Visi.
Nilai & Visi sangat dibutuhkan dalam organisasi,karna jika suatu organisasi tidak memiliki Nilai & Visi organisasi tersebut akan rusak.Sebuah organisasi perlu menerapkan Nilai-Nilai yang telah anggotanya pelajari,seperti Nilai tanggung jawab,saling menghormati.Sebab Nilai itu sangat bermanfaat dalam menjalankan organisasi,sedangkan Visi sebagai cara pandang anggotanya dalam menghadapi masalah yang datang.
2. Misi.
Misi termasuk faktor penting dalam berorganisasi karna jika suatu organisasi tidak memiliki Misi,organisasi tersebut akan mengalami kebingungan.Mengapa organisasi tersebut bingung karna misi bisa disebut tujuan dan apa yang akan dilakukan sebuah organisasi jika tidak memiliki tujuan.
3. Aturan.
Faktor penting berikutnya dalam sebuah organisasi adalah Aturan,Karna tanpa adanya Aturan dalam organisasi,para anggota organisasi akan mendahulukan kepentingannya, yang bisa menimbulkan konflik kepentingan.Konflik kepentingan sangat berbahaya karna mampu memecah sebuah organisasi.
4. Profesionalisme.
Organisasi juga membutuhkan Profesionalisme.Organisasi mengharapkan anggotanya bekerja secara Profesionalisme untuk mencapai tujuan yang ditetapkan,karna jika anggota organisasi tidak bekerja secara profesional organisasi akan resah,kapan tujuan organisasi tersebut akan tercapai.

5. Insentif.
Salah satu faktor penting lainnya adalah Insentif.Insentif disini maksudnya adalah pendanaan.Organisasi yang mengalami masalah pendanaan akan menyebabkan organisasi menjadi lamban,karna Insentif berpengaruh terhadap cepat lambatnya kinerja sebuah organisasi.
6. Sumber Daya.
Sumber Daya termasuk factor penting dalam organisasi karna bisa menyebabkan frustasi organisasi tersebut.Organisasi membutuhkan Sumber Daya yang kompeten dalam menghadapi tantangan yang akan datang.Organisasi yang Sumber Dayanya kurang akan membuat frustasi organisasi tersebut karna tidak mampu menghadapi persaingan dan tantangan yang datang.
7. Rencana Kerja.
Faktor penting yang terakhir adalah Rencana Kerja.Rencana kerja yang biasa disebut planning,sangat berguna untuk menentukan arah sebuah organisasi,dan organisasi tanpa Rencana Kerja pastinya akan mengalami salah langkah.Jadi organisasi yang mempunyai Rencana Kerja yang baik dan tepat akan semakin dekat dengan tujuan organisasi tersebut.
Jadi jika sebuah organisasi telah menjalankan faktor-faktor tersebut dengan baik organisasi tersebut akan mengalami kemajuan.Setelah mengalami kemajuan organisasi tersebut akan semakin mudah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar