Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Fungsional pada Institusi Pendidikan

Sebelum kita menjelaskan keburukan Struktur Organisasi Fungsional pada Institusi Pendidikan,kita terlebih dahulu mengetahui pengertian organisasi,organisasi fungsional dan intitusi pendidikan.
Organisasi adalah Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Sedangkan Organisasi Fungsional yaitu organisasi yang menekankan suatu fungsi. Setiap atasan adalah suatu individu yang kompeten pada bidangnya dan memegang tanggung jawab dalam sebuah organisasi. Struktur Organisasi Fungsional memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus yang sesuai kemampuan.
Institusi pendidikan adalah suatu institusi yang sangat penting di negeri ini, Karena pendidikan berfungsi untuk menghasilkan penerus bangsa yang berpendidikan guna memajukan bangsa . Pendidikan juga telah berkembang dari teori dengan paradigma konservativisme sampai pada teori berparadigma ekstrem seperti liberalisme, liberasionisme sampai anarkisme. Institusi-institusi pendidikan itu sendiri memiliki sebuah organisasi dan menggunakan struktur organisasi yang pastinya sudah dirapatkan terlebih dulu dalam diri Institusi tersebut. Terdapat Institusi pendidikan yang menggunakan Struktur Organisasi Fungsional sebagai struktur institusi pendidikannya.
Suatu organisasi pasti memiliki kekurangan atau keburukan di dalamnya,baik beruupa fungsional maupun staff. Keburukan dari organisasi bentuk fungsional adalah:
1) Insiatif perseorangan sering tertekan karena sudah dibatasi pada satu fungsi. Dan jabatan
2) Sulit mengadakan pertukaran tugas, karena terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang saja.
3) Koordinasi yang sifatnya menyeluruh sulit diadakan karena orang-orang yang bergerak dalam satu bidang mementingkan fungsinya saja.
Contohnya dalam bidang pendidikan kita dapat melihat adanya bag.kesiswaan, bag.ekstrakulikuler, bag.koperasi, bag.UKS, bag.keuangan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar