Minggu, 29 November 2009

KONFLIK DALAM BERORGANISASI ( PERBEDAAN PENDAPAT)

Dalam setiap organisasi, baik dimanapun, dan di bidang apapun, pasti ada saja konflik yang terjadi di dalamnya. Bagi setiap orang atau anggota yang terlibat dalam suatu organisasi pasti terdapat perbedaan karakter sikap dan perbedaan konsep pemikiran dalam melaksanakan organisasi tersebut. Perbedaan-perbedaan inilah yang mengakibatkan konflik di dalam suatu organisasi.
Setiap anggota di bidang apapun dalam suatu organisasi pasti mempunyai pendapat dan pemikirannya masing-masing. Perbedaan pendapat sering sekali membuat konflik di antara anggotanya. Si A berpendapat begini, si B berpendapat begitu, bayangkan saja jika ada 40 anggota dalam suatu organisasi, maka ada 40 pendapat yang harus disatukan. Tidak mudah untuk menyatukan pendapat yang berbeda-beda. Semua anggota ingin agar pendapatnya diterima. Dalam hal ini, ketua dalam organisasi tersebut, harus bersikap bijak dalam memilih pendapat yang obyektif dan harus dapat merangkum semua pendapat yang ada menjadi satu kesatuan yang mempunyai tujuan yang sama.
Sebagai anggota pun, sebaiknya harus berjiwa besar apabila pendapatnya tidak ambil dalam pengambilan keputusan. Tetapi sebaliknya anggota-anggota yang pendapatnya diterima harus dapat memberikan usul-usul atau masukan-masukan yang membangun demi tercapainya tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar