Rabu, 03 November 2010

Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi

Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :
• Pertama, bahasa Indonesia baku berfungsi pemersatu. Bahasa Indonesia baku mempersatukan atau memperhubungkan penutur berbagai dialek bahasa itu. Bahasa Indonesia baku mempersatukan mereka menjadi satu masyarakat bahasa Indonesia baku.
• Kedua, bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai penanda kepribadian. Bahasa Indonesia baku merupakan ciri khas yang membedakannya dengan bahasa-bahasa lainnya.
• Ketiga, bahasa Indonesia baku berfungsi penambah wibawa. Pemilikan bahasa Indonesia baku akan membawa serta wibawa atau prestise. Fungsi pembawa wibawa berkaitan dengan usaha mencapai kesederajatan dengan peradaban lain yang dikagumi melalui pemerolehan bahasa baku.
• Keempat, bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai kerangka acuan. Bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai kerangka acuan bagi pemakainya dengan adanya norma atau kaidah yang dikodifikasi secara jelas.

Contoh :
Dialog Percakapan
Reno : Berapa harga nasi gorengnya, Pak ?
Pedagang : Rp. 7.000 mas .
Atep : saya beli 1, Pak !
Pedagang : dibungkus apa makan sini, mas ?
Atep : makan disini saja, Pak !
Dari dialog diatas, sudah terlihat bahwa mereka berdua sedang melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia walaupun ada yang tidak baku, dengan kata lain, dari dialog diatas sudah mencerminkan fungsi bahasa sebagai komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar