Rabu, 03 November 2010

YESUS ADALAH GEMBALA YANG BAIK

Yohanes 10 : 11-18

Tuhan Yesus adalah gembala yang baik, yang ideal dan sempurna,yang harus diteladani setiap gembala ditengah-tengah tugas pelayananya. Ada beberapa ciri/kriteria gembala yang baik, yaitu :
1.Yang bersedia kehilangan nyawa – Pengorbanan dan tanggung jawab.Seluruh hidup dan kehidupannya diserahkan demi kesejahteraan dan keselamatan gembalanya . Gembala yang baik, akan sungguh-sungguh melakukan tugas dan tanggung jawabnya.
2. Ada hubungan yang saling mengenal – Solidaritas ( ay. 14 ). Pengenalan yang dimaksud tidak cukup sebatas mengetahui nama atau hal yang terlihat saja, tetapi mengetahui karakter,tabiat dan kebutuhannya.
3. Memiliki hubungan yang baik dengan Allah – Spiritualitas ( ay.15 ). Itu yang memampuka setiap gembala melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik.
4. Giat menuntun domba yang sesat – Memiliki semangat juang dan pantang menyerah.
Ingat,kita tidak hanya dituntut agar menjadi gembala yang baik saja, tetapi sekaligus dituntut menjadi domba yang baik juga, karena dihadapan Allah kita adalah kawanan dombaNya sekaligus yang diberi kepercayaan untuk melakukan tugas sebagai gembala untuk menggembalakan diri sendiri ( mampu mengendalikan diri ), gembala ditengah keluarga ( jadi orangtua yang baik dan bertanggung jawab ), pekerjaan dan Gereja kita.
Jadi melalui nats ini kita diminta agar menjadi gembala yang meneladani perlakuan Kristus terhadap kawanan dombaNya sekaligus menjadi kawanan domba yang tunduk dan setia akan tugas yang Tuhan percayakan kepada kita masing-masing. Amen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar